Selasa, 13 November 2012

SENAM HAMIL

ini yaitu jawaban dari di antara rekan saat saya melontarkan hasrat saya untuk ikuti kelas senam kehamil. walau sebenarnya saat saya konsul dengan dsog, beliau menyebutkan, "ikut saja, saz. sekali atau 2 x telah cukup bila memanglah telah ingat pelajaran yang didapatkan, lantas praktikkan sendiri di tempat tinggal. " nah, sesudah saya turut senam hamil, selanjutnya saya ketahui bahwa senam hamil ini mutlak untuk diikuti. sekurang-kurangnya ada satu kali, deh. 

lantas apa faedahnya ? bila saya pribadi rasakan banyak faedah, namun ada tiga yang sangat utama. pertama, saya lantas tahu bahwa ada beragam type pernafasan layaknya nafas perut, dada, diafragma, serta nafas panting yang dapat amat menolong kita dari mulai kontraksi hingga melahirkan. memangnya ingat seluruh ? inilah gunanya mengajak pendamping : untuk menolong kita mengingat seluruh pelajarannya. ke-2, beragam jenis gerakan layaknya peregangan untuk kurangi kram kaki, pegal punggung serta pinggang, atau gerakan yang dapat menolong bayi masuk ke didalam jalur lahir. ketiga, tahu posisi tubuh saat kelak dapat melahirkan, beserta urutan nafas yang perlu dikerjakan. o, ya, di sebagian kelas senam hamil ada sesi relaksasi yang dapat mengantar kita menuju kedamaian dunia dengan kata lain deep sleep ! ini berguna sekali bikin mommies yang senang sukar tidur sepanjang hamil. 

itu tadi faedah yang saya rasakan. bila penjelasan dari sisi medisnya bagaimana ? dr. ridwan spog menolong berikan jawaban sekitar pertanyaan tentang senam hamil. 

q : apakah seluruh ibu hamil harus ikuti senam hamil ? 
a : tidak mesti, namun disarankan, bila situasi kesehatan ibu serta kehamilannya baik. 

q : sebenarnya senam hamil itu apa, dok ? sama atau tidak dengan olahraga yang lain ? 
a : senam hamil yaitu senam yang dikerjakan untuk melatih otot-otot spesifik yang bisa menolong sistem melahirkan normal, layaknya otot perut, otot panggul serta otot paha. terkadang pada materi senam hamil ditambahkan latihan pernapasan waktu kontraksi serta waktu mengejan. tidak sama dengan olahraga, ya. olahraga biasanya yaitu olahraga yang disarankan untuk latihan jantung-paru layaknya jalur, lari, renang, sepeda serta low impact aerobic. olahraga ini gunanya untuk melindungi stamina ibu hamil terus baik, mengontrol kenaikan berat badan, kurangi keluhan sukar tidur, kurangi bengkak, serta kurangi risiko diabetes waktu hamil.  

q : adakah situasi spesifik ibu hamil dilarang lakukan olahraga atau turut kelas senam hamil ? 
a : ibu dengan kisah melahirkan prematur, kisah ketuban pecah awal, posisi plasenta menutup jalur lahir, perkembangan janin terhalang, kisah penyakit jantung berat tidak disarankan senam hamil/exercise. 

q : kapan waktu ( umur kehamilan ) paling baik ikuti senam hamil ? 
a : trimester 3, 1-2 minggu sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar