Rabu, 14 November 2012

Manfaat dan Khasiat Kunyit

kunyit ( curcuma domestica vahl. ) atau lebih dikenal sebagai kunir oleh penduduk jawa serta koneng didalam bhs sunda yaitu tanaman obat yang datang dari asia. tanaman dari famili zingiberaceae ini tumbuh sangat baik di indonesia serta gampang dijumpai di pasaran. sisi utama dari kunyit yang mempunyai manfaat obat yaitu rimpangnya yang ada didalam tanah. 

kunyit tidak asing lagi untuk ibu-ibu, yang biasa menambahkannya didalam masakan sebagai di antara ramuan bumbu. kunyit juga dipakai sebagai pewarna alami masakan yang tidak karsinogenik, tidak menyebabkan sebarang dampak samping serta safe dikonsumsi meskipun didalam jumlah yang banyak. tak hanya berikan warna, ia turut berikan aroma yang khas serta bisa menutup bau yang tidak enak yang nampak dari telur serta daging. 

kunyit terasa agak pahit dengan campuran sedikit pedas, berbau khas aromatik, berwarna kuning serta tidak beracun. senyawa kimia utama yang terdapat didalam rimpang kunyit yaitu minyak atsiri serta kurkuminoid. warna kuning kunyit datang dari kurkuminoid yang memiliki kandungan kurkumin. aroma khasnya yaitu dari minyak atsiri yang memiliki kandungan alkohol seskuiterpen. rimpang kunyit juga memiliki kandungan protein, kalsium, fosfor, besi, lemak serta gom. 

manfaat kunyit 
kunyit sudah dipakai sepanjang kian lebih 2500 th. di india, dimana ia kemungkinan besar pertama kali dipakai sebagai pewarna serta obat. kunyit banyak dipakai didalam penyembuhan ayurveda, dikarenakan mempunyai mutu antiseptik serta antibakteri, mempunyai dampak yang sama juga dengan fluoride untuk gigi, mengobati psoriasis serta peradangan sendi, dan menolong problem pencernaan serta depresi. 

sebagian manfaat penyembuhan kunyit pada manusia : 

tak hanya mempunyai kegiatan antimikroba, antiradang, serta antivirus, kunyit juga punya potensi menambah jumlah antioksidan didalam tubuh. kurkumin, senyawa fenolik alami pada kunyit, berguna untuk menambah kekebalan tubuh. 
kunyit punya potensi didalam penyembuhan kanker. pada pasien kanker, beberapa sel kanker menjalar melewati pembuluh darah ( metastasis ) serta jaringannya jadi tumor. angiogenesis juga berlangsung, yakni perkembangan pembuluh darah baru yang menyebar ke arah tumor untuk suplai nutrien, oksigen serta sirkulasi kotoran. kurkumin menyembuhkan kanker hambat laju perkembangan pembuluh-pembuluh darah baru tersebut. 
wanita yang alami problem dengan haid bisa memakai kunyit untuk menanganinya. dampak farmakologis kunyit bisa melancarkan darah serta haid dan kurangi rasa nyeri serta capek datang bln.. 
sebagai antikoagulan alami, kunyit bisa menghambat pembekuan darah serta menghindar berlangsungnya trombosis. 
kunyit bisa turunkan tekanan darah, menyembuhkan diare, sakit lambung, asma, usus buntu, serta rematik. 
karakter analgesik alami kunyit bekerja hambat cox-2 yang mencetuskan rasa nyeri. dengan karakter analgesik serta antiinflamasinya, kunyit bisa menyembuhkan artritis serta rheumatoid artritis. 
penyakit pikun bisa diperlambat dengan kerap konsumsi kunyit didalam makanan. penyakit alzheimer yaitu di antara penyakit pikun yang berlangsung biasanya pada umur tua, saat kapasitas fisik otak menyusut. kunyit punya potensi memperpanjang periode waktu abilitas kognitif otak. sebagian penelitian menunjukkan bahwa manula di asia yang kerap mengonsumsi kare ( curry ) yang memiliki kandungan kunyit mempunyai daya ingatan yang tambah baik dari pada manula di benua yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar