Selasa, 25 September 2012

Sistem pencernaan

Sistem pencernaan ( bhs inggris : digestive system ) merupakan sistem organ didalam hewan multisel yang terima makanan, mencernanya jadi daya serta nutrien, dan mengeluarkan sisa proses tersebut lewat dubur. sistem pencernaan pada satu hewan dengan yang lain dapat amat jauh tidak sama. dengan spesifik, sistem pencernaan berperan untuk mengambil makanan, memecah nya jadi molekul nutrisi yang lebih kecil, menyerap molekul tersebut ke didalam alirah darah, lantas bersihkan tubuh dari sisa pencernaan.  

Organ yang terhitung didalam sistem pencernaan terbagi jadi dua grup : 
saluran pencernaan 
saluran pencernaan adalah saluran yang kontinyu berbentuk tabung yang dikelilingi otot. saluran pencernaan mencerna makanan, memecah nya jadi bagian yang lebih kecil serta menyerap bagian tersebut menuju pembuluh darah. organ-organ yang terhitung didalam nya ialah : mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus dan usus besar. dari usus besar makanan dapat dibuang keluar tubuh lewat anus. 
organ pencernaan tambahan ( aksesori ) 
organ pencernaan tambahan ini berperan untuk menolong saluran pencernaan saat melakukan kerjanya. gigi serta lidah ada didalam rongga mulut, kantung empedu dan kelenjar pencernaan dapat dikaitkan pada saluran pencernaan lewat sesuatu saluran. kelenjar pencernaan tambahan dapat menghasilkan sekret yang berkontribusi didalam pemecahan bahan makanan. gigi, lidah, kantung empedu, lebih dari satu kelenjar pencernaan layaknya kelenjar ludah, hati serta pankreas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar