Selasa, 25 September 2012

POLA MAKAN YANG BAIK, MENCEGAH DIABETES MELLITUS

Diabetes mellitus atau sering disebut kencing manis bisa diartikan terdapatnya glukosa didalam air kencing seseorang. perihal itu terjadi lantaran glukosa didalam darah tidak bisa dicerna tubuh, lantaran tubuh kekurangan insulin. penyakit diabetes mellitus ( dm ) adalah penyakit degeneratif yang membutuhkan usaha penanganan yang pas serta serius. jika tidak dikerjakan penanganan dengan cermat, efek dari penyakit tersebut bisa mengakibatkan beragam komplikasi penyakit serius yang lain, diantaranya, jantung, stroke, disfungsi ereksi, gagal ginjal, serta rusaknya system syaraf. 

Menurut data organisasi kesehatan dunia ( who ), indonesia tempati urutan keenam didunia untuk jadikan negara dengan jumlah penderita diabetes mellitusnya terbanyak sesudah india, china, uni sovyet, jepang, serta brasil. tercatat pada th. 1995, jumlah penderita diabetes di indonesia meraih 5 juta dengan peningkatan sejumlah 230. 000 pasien diabetes pertahunnya, hingga pada th. 2005 diperkirakan dapat meraih 12 juta penderita. untuk diketahui, ada dua jenis diabetes, yakni, diabetes jenis i ( iddm/ bergantung insulin ) serta diabetes jenis ii ( niddm/ tidak bergantung insulin ) 

Tanda-tanda – tanda-tanda diabetes 
tanda-tanda diabetes jenis i nampak dengan tiba-tiba pada waktu usia anak-anak ( dibawah 20 th. ), untuk jadikan disebabkan dari adanya kelainan genetika, hingga tubuh tidak bisa menghasilkan insulin dengan baik. 

diantaranya : 
- berat badan menurun 
- kelelahan 
- penglihatan kabur 
- kerap buang air kecil 
- terus-terusan lapar serta haus 
- meningkatnya kandungan gula didalam darah serta air seni 

Gejala-gejala diabetes jenis ii nampak dengan perlahan-lahan sampai jadi masalah yang jelas, serta pada step awalannya sama layaknya tanda-tanda diabetes jenis i. 

pemicu diabetes 
sekarang ini, hal penting timbulnya penyakit diabetes terkait segera dengan gaya hidup masyarakat. mengonsumsi makanan yang tidak seimbang dan kurangnya kegiatan fisik bisa menyebabkan munculnya penyakit kencing manis. 
disamping itu, adanya stress, kelainan genetika, usia yang makin lama makin tua bisa juga jadi di antara faktor pemicu munculnya penyakit diabetes. 

penyakit ini bisa dicegah dengan mengubah pola makan yang seimbang. kurangi makanan yang banyak memiliki kandungan protein, lemak, gula, serta garam. perbanyak beraktivitas fisik sekurang-kurangnya 30 menit tiap-tiap hari. salah satunya, berenang, bersepeda, jogging, jalur cepat, dan rajin memeriksakan kandungan gula urine tiap-tiap th.. 

langkah menangani diabetes 
jikalau telah positif diabetes, jadi baiknya tanyakan dengan dokter serta ikuti saran dokter dengan penuh disiplin. tak hanya itu, butuh lakukan diet, lantaran diet adalah langkah awal dari usaha untuk mengendalikan diabetes. tetapi, baiknya saat lakukan diet, butuh juga diimbangi dengan olah raga dengan teratur. tidak kalah pentingnya, kerjakan kontrol darah untuk mengukur kandungan gula diabetes, yang adalah satu masalah kelainan kandungan gula darah lantaran rusaknya sel beta pancreas, hingga butuh dikontrol dengan cermat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar